Berkah Ramadan dari Jualan Takjil di Benhil

Jakarta - Kawasan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat menjadi salah satu pusat kuliner yang setiap tahun di bulan puasa menjajakan aneka takjil. Berbagai menu makanan bisa dicari di sini dengan harga yang cukup terjangkau.

Aneka menu buka puasa ini bisa dijumpai di sepanjang Jalan Bendungan Hilir, tepatnya di depan Pasar Benhil. Di sana bisa temukan sejumlah pedagang takjil yang menjual jenis makanan mulai dari seperti gorengan, lontong, kolak, puding, bubur sum-sum dan makanan takjil lainnya.

Harga yang ditawarkan juga sama antara pedagang takjil satu dengan yang lainnya. Aneka jajanan takjil dijual dengan harga yang murah.



"Disini harganya sama semua rata-rata. Kolak Rp 10.000, bihun Rp 6.000, puding Rp 4.000, kalau gorengan satunya Rp 2500. Semuanya standnya sama harganya," kata salah satu pedgang takjil Sherly Arisandi (42) ketika berbincang dengan detikcom di lokasi, Jl Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Selasa (29/5/2018).

Sherly mengatakan, mayoritas pedagang mulai membuka dagangannya pukul 15.00 WIB hingga 19.00 WIB. Lapak pedagang takjil mulai ramai disinggahi warga yang hendak berbuka puasa pada pukul 17.00 WIB.

"Saya buka bisanya pukul 15.00 WIB siang sampai sebelum Isya pukul 19.00 WIB baru tutup untuk tarawih. Saya sehari bisa bawa 40 gorengan satu macam, kalau kolak ya paling 15 aja," imbuhnya.

Sherly mengatakan para pedagang takjil di bazar ini adalah warga RW 01 Bendungan Hilir. Bazar takjil seperti ini dikatakannya sudah lama berlangsung setiap bulan puasa. Untuk biaya tempat sendiri, dikatakanya Ia harus mengeluarkan Rp 120 ribu perbulan dan Rp 20.000 perhari.

Pukul 18.25 WIB para pedagang takjil sudah bersiap-siap membereskan dagangannya. Terlihat pula dagangan mereka laku dan hanya tersisa sedikit di meja dagangannya.

"Iya Alhamdulillah lah lumayan bisa buat dapur ngebul, kebutuhan sehari-hari terpenuhi dari jualan takjil. Berkah ramadan lah," ujar Sherly.

Sama halnya dengan pedagang sirup, Tomo (35). Tomo merasakan untung dari jualan sirup di bulan puasa ini.

"Iya ramai (yang beli), karena pada puasa biasanya nyari minuman dingin. Ya lumayan lah penghasilan sehari mah, ada lah," kata Tomo.

Baca juga: Sambut Lebaran, Mal di Jakarta akan Beri Diskon hingga 50%

(mea/mea)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel